Scroll untuk baca artikel
banner 325x300
Ragam

Pemerintah Kecamatan Teluk Pandan Bekerjasama Dengan Diskominfo Kutim Gelar Sosialiasi KIM Dan Pemanfaatan SP4N LAPOR

7
×

Pemerintah Kecamatan Teluk Pandan Bekerjasama Dengan Diskominfo Kutim Gelar Sosialiasi KIM Dan Pemanfaatan SP4N LAPOR

Sebarkan artikel ini

KUTIM – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutai Timur (Kutim) terus mendorong masyarakat agar semakin melek informasi. Salah satunya melalui Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Pemanfaatan SP4N LAPOR, sistem pengaduan layanan publik nasional.

Kegiatan ini digelar di Ruang BPU Kecamatan Teluk Pandan, Senin (1/12/2025). Sekira 70 peserta hadir. Mereka berasal dari unsur masyarakat, perangkat kecamatan, hingga pelaku UMKM.

banner 325x300

Diskominfo Staper diwakili oleh Kepala Bidang IKP dan Kehumasan, Lisa Komentin. Hadir pula Kasi Pemerintahan Umum Kecamatan Teluk Pandan, Abdul Rahim, serta unsur Forkopimcam.

Abdul Rahim menyebut kegiatan ini merupakan edukasi lanjutan mengenai peran KIM dan cara menggunakan kanal pengaduan SP4N LAPOR. Ini kali kedua sosialisasi digelar di Teluk Pandan.

Ia melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi. Banyak peserta bertanya tentang manfaat KIM, cara mengelola informasi, hingga langkah menyampaikan aspirasi melalui SP4N LAPOR.

“Antusiasme masyarakat sangat baik. Banyak yang aktif bertanya, terutama dari komunitas UMKM dan pemuda. Harapan saya, kegiatan seperti ini terus berlanjut agar masyarakat makin teredukasi, termasuk dalam membuat konten dan mempublikasikannya melalui website,” ujar Abdul Rahim.

Ia menilai kreativitas masyarakat dapat membantu mengenalkan produk lokal dan potensi Teluk Pandan ke khalayak yang lebih luas.

Lisa Komentin menegaskan pentingnya penguatan peran KIM. Menurutnya, KIM adalah mitra strategis pemerintah dalam penyebaran informasi dan edukasi publik. Ia juga menyoroti pentingnya warga memahami cara mengadukan layanan melalui SP4N LAPOR.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Teluk Pandan. Antusiasme masyarakat luar biasa. Banyak yang ingin tahu tentang KIM dan tata cara pengaduan melalui SP4N LAPOR,” ujarnya.

Lisa berharap semakin banyak KIM terbentuk di Teluk Pandan agar arus informasi semakin cepat, akurat, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Diskominfo Staper menargetkan kegiatan ini membuat masyarakat semakin memahami fungsi KIM dan lebih percaya menggunakan SP4N LAPOR sebagai kanal resmi menyampaikan aspirasi dan aduan layanan publik.(ADV)